Tampilkan Navigasi Ponsel

Senin, 21 Maret 2022

, , ,

Unix: Cara Memecah Satu Baris Panjang Menjadi Multi-baris Dengan Jumlah Kolom Tertentu

Habib Bin Hilal - 22.01


Ada kalanya, kita memiliki satu berkas teks berisi data atau array yang amat panjang. Satu baris teks yang amat panjang akan menyulitkan dalam pembacaan. Oleh karena itu, tak jarang kita perlu memecah satu baris panjang tersebut menjadi banyak baris namun dengan panjang yang lebih mudah dibaca atau agar muat dalam satu layar editor teks.

Misalnya, kita memiliki array berupa urutan angka 1 hingga seribu dengan pemisah tanda koma. Kita ingin agar lebih mudah terbaca, urutan angka tersebut dipecah menjadi beberapa baris di mana per-baris hanya ditampilkan 10 angka saja atau beberapa kolom dengan pemisah koma tersebut.

Berikut ini adalah salah satu cara untuk melakukan hal tersebut dengan menggunakan bash script pada sistem operasi unix.

Menggunakan Perl untuk memecah satu baris panjang teks

$ cat infile

"hi","there","how","are","you?","It","was","great","working","with","you.","hope","to","work","y ou."
 

$ perl -ne 's/,/++$i % 5 ? "," : "\n"/ge; print' infile

"hi","there","how","are","you?"
"It","was","great","working","with"
"you.","hope","to","work","you."

 

3 comments:

  1. You need to be a part of a contest for one of the finest websites on the net.
    I’m going to recommend this web site!
    경마
    토토사이트

    BalasHapus
  2. Di lingkungan Unix, cara memecah satu baris panjang menjadi beberapa baris dengan jumlah kolom tertentu dapat dilakukan dengan perintah seperti fold atau awk. Ini memungkinkan pemrosesan dan pembacaan teks yang lebih mudah dengan membatasi lebar setiap baris sesuai kebutuhan Anda. what happens if you violate a protective order in virginia appealing a protective order in virginia

    BalasHapus
  3. Helpful Unix tip! Breaking long text into multiple lines for readability is essential. This bash script technique, utilizing Perl, simplifies the process efficiently. Thanks for sharing this useful guide!
    New Jersey Reckless Driving

    BalasHapus