Tampilkan Navigasi Ponsel

Selasa, 19 Agustus 2014

, , , ,

Inilah 'Smartphone' Pertama: IBM Simon!

Habib bin Hilal - 13.13
Smartphone pertama - IBM Simon
Personal Communicator Simon dari IBM. Smartphone pertama di dunia yang menggabungkan fitur telepon dengan aplikasi komputer.
Sekitar 20 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 16 Agustus 1994, perusahaan komputer IBM meluncurkan sebuah produk telekomunikasi terbaru sebagai "personal communicator". Perangkat seluler yang diberi merek IBM Simon - yang saat itu belum disebut sebagai smartphone - atau pontar (telepon pintar) tersebut, menggabungkan fitur telepon dengan aneka komputasi.

Meskipun bentuknya amat berbeda dengan pontar jaman sekarang, IBM Simon memiliki fitur yang tak jauh berbeda. Selain untuk bertelepon, ia memiliki aplikasi untuk menulis catatan, pesan, email dan kalender. Pontar inipun memiliki stylus yang membantu mengetik atau menekan tombol aplikasi. Layar LCD-nya tidaklah terlalu besar, seukuran dengan iPhone4. Dari sisi bobot, dengan 500 gram, ia tentu seperti batu bagi smartphone jaman sekarang. Dan yang jelas, akan terlalu besar dan berat untuk kantung baju anda.

Pada masanya, perangkat ini hanya mampu bertahan 2 tahun dalam penjualan di Amerika Serikat. Kendala utamanya adalah harganya yang mahal - USD $889, belum tersedianya jaringan internet seluler saat itu, dan ketahanan bateri yang hanya mampu memberi tenaga selama 1 jam.

Pontar ini akan dipajang di Museum Sains, Inggris pada bulan Oktober mendatang dalam rangkaian pameran Era Informasi. Selain IBM Simon, akan ada 800 obyek yang mewakili perkembangan era teknologi informasi dalam 200 tahun terakhir.

0 comments:

Poskan Komentar