Tampilkan Navigasi Ponsel

Kamis, 05 September 2013

, , , , ,

Bagaimana Cara Ambil Screenshot Layar Ponsel Sony Xperia L?

Habib bin Hilal - 16.54
Hari ini saya baru saja menambahkan sebuah plugin untuk salah satu situs web yang saya kelola. Plugin tersebut berfungsi mengubah tampilan situs web berbasis WordPress menjadi "ramah ponsel" atau mobile-ready. Situs yang "ramah ponsel" akan bisa dilayari dan dilihat dengan nyaman oleh pengguna telepon genggam.
Untuk mengetes tampilan situs tersebut pada ponsel pintar (smartphone) yang berbasis Android, saya membukanya dengan Google Chrome pada ponsel Sony Xperia L. Berhasil!
Tampilan pada ponsel Xperia L cukup nyaman dilihat. Menu halaman situs juga diringkas oleh plugin tersebut menjadi sebuah tombol saja. Tombol tersebut berpenampilan cukup mirip dengan menu-menu lain pada OS Android.
Untuk mendokumentasikan keberhasilan ini, saya berniat mengabadikan tampilan situs tersebut pada ponsel dan membaginya kepada orang lain. Saya mencoba mencari menu atau aplikasi bawaan dari Xperia L yang memungkinkan saya melakukan perekaman gambar yang tertampil pada layar ponsel tersebut. Cari sana-sini, saya tak bisa menemukan.

Aplikasi Android untuk Rekam Gambar Layar (screenshot)

Akhirnya, saya "menyerah" dan mencari di Google PlayStore dengan kata kunci "screenshot" atau "screen capture". Beberapa aplikasi android muncul dari hasil pencarian tersebut. Sebagian menggunakan kata "root" atau "no-root". Wah, sepertinya aplikasi-aplikasi tersebut tidak sederhana. Saya tidak mengira bahwa merekam gambar layar bisa bakal sekompleks itu.
Saya mencoba beberapa aplikasi dan membaca petunjuk pemakaiannya. Ternyata memang tidak sederhana. Bagi yang tidak memerlukan akses root, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan, semacam mengunduh dan memasang software tertentu.
Saya tidak puas dengan aplikasi-aplikasi tersebut dan masih penasaran, apakah tidak ada aplikasi bawaan dari ponsel baru semacam Xperia L ini?
Saya coba cari informasi tambahan lewat internet dengan kata kunci "how to make screenshot xperia L". Dan satu halaman menunjukkan bahwa ada kombinasi tombol yang bisa digunakan untuk melakukan rekam layar pada Xperia L, yaitu: Tekan bersamaan tombol daya + tombol penurun volume suara.
Saya coba kombinasi itu, tetapi tidak berhasil. Entah karena kurang bersamaan saat menekan atau memang tidak bekerja pada Xperia L.

Android 4.0 (ICS) Ke Atas Memiliki Fitur Ambil Screenshot

Saya kembali menjelajahi salah satu aplikasi screenshot yang telah saya pasang. Di sana saya menemukan informasi bahwa untuk OS Android versi 4.0 ke atas, kemampuan melakukan rekam layar atau screenshot ini sudah merupakan fitur bawaan alias built-in. Ooo... begitu.
Jadi, Xpreria L yang punya OS Android Jelly Bean (4.1) ini harusnya juga memiliki kemampuan rekam layar juga. Tinggal mencari tahu bagaimana mengaktifkannya.
Saya coba sekali lagi kombinasi tombol daya + turun volume suara. Kali ini saya benar-benar tidak sinkron menekan tombol tersebut, sehingga tombol daya saja yang tertekan. Dan di sanalah jawaban atas pertanyaan besar: Bagaimana merekam gambar layar pada Sony Xperia L, ditemukan.
Saat tombol daya ditekan cukup lama, sekitar 1 detik, muncul menu pada layar yang menanyakan apakah kita akan:
  • mematikan daya ponsel (Daya Mati)
  • mengaktifkan mode pesawat (Modus Pesawat), atau
  • merekam gambar layar (Ambil Screenshot).
Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Tinggal pencet menu yang ke-3, jadilah tampilan layar pada ponsel bisa direkam. Pada bilah pemberitahuan di sisi atas layar langsung tertampil informasi bahwa gambar layar telah tersimpan. Anda tinggal membuka bilah pemberitahuan tersebut dan membuka gambar yang tertangkap atau membagikannya jika mau.
Wuih, ternyata simpel bin sederhana caranya.
Begitulah, semoga bermanfaat. Dan berikut ini adalah beberapa screenshot atau rekaman layar ponsel Xperia L yang berhasil saya dapatkan.

0 comments:

Posting Komentar